Masa muda beliau :
Beliau
meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat beliau
masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama' seperti Ibnu
Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra' dan juga Abu Sa'ad Al
Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan
juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama'. Suatu ketika Abu Sa'ad Al
Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul
Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh.
Bermukim disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada
tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat demi mendengar nasehat
beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke
sekolah beliau. Sehingga sekolah itu tidak kuat menampungnya. Maka,
diadakan perluasan.
Murid-murid beliau :
Murid-murid
beliau banyak yang menjadi ulama' terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul
Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga
Syeikh Qudamah penyusun kitab figh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau :
Syeikh
Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir,
beliau menjawab, " kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa
kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat
perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang
bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa
menjadi imam dalam shalat fardhu." Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal
bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan
untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau
meninggal dunia. (Siyar A'lamin Nubala XX/442).
Beliau adalah seorang 'alim.
Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak
memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat
kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah,
perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, "thariqah" yang berbeda dengan jalan
Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya dapat diketahui
dari perkataan Imam Ibnu Rajab, " Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para
syeikh, baik 'ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah.
Tetapi ada seorang yang bernama
Al Muqri' Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali
Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun
640 H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu
dengan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan
keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid
kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar
(kebohongannya ). Cukuplah seorang itu berdusta, jika dia menceritakan
yang dia dengar”. Imam Ibnu Rajab bekata : ” Aku telah melihat sebagian
kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya,
sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali
kisah-kisah yang telah mansyhur dan terkenal dari selain kitab ini.
Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak
dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh (dari agama dan akal ),
kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak
berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah
mati, dan sebagainya.) semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al
Kamal Ja'far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja'far bin Tsa'lab bin
Ja'far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang 'ulama
bermadzhab Syafi'i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya'ban tahun 685
H. Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di
dalam kitan Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan,
bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang
diriwayatkannya dalam kitab ini."(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin
Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa'dah 1415 H /
8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, " Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani rahimahullah memiliki yang bagus dalam masalah tauhid,
sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma'rifat yang sesuai dengan
sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab
yang terkenal.
Beliau juga mempunyai kitab Futuhul
Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan
nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat,
takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan
keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah ." Syeikh Abdul Qadir
Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, " Dia ( Allah ) di
arah atas, berada diatas 'arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya
meliputi segala sesuatu." Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan
hadist-hadist, lalu berkata " Sepantasnya menetapkan sifat istiwa' (
Allah berada diatas 'arsyNya ) tanpa takwil ( menyimpangkan kepada makna
lain ).
Dan hal itu merupakan
istiwa' dzat Allah diatas arsys." (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani, " Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali (kekasih)
yang tidak berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin Hambal?" Maka beliau
menjawab, " Tidak pernah ada dan tidak akan ada."( At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam
kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan
penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam'ani
berkata, " Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah penduduk kota Jailan.
Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini
pada masa hidup beliau." Imam Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A'lamin Nubala, dan menukilkan
perkataan Syeikh sebagai berikut,"Lebih dari lima ratus orang masuk
Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah
bertaubat."
Imam Adz Dzahabi menukilkan
perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang
aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan bekiau mengetahui
hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, "Intinya Syeikh Abdul
Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas
kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya
merupakan kedustaan atas nama beliau."( Siyar XX/451 ).
Imam
Adz Dzahabi juga berkata, " Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh
yang riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu
yang tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi ".
Syeikh Rabi' bin Hadi Al
Madkhali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil, hal.136, " Aku telah
mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam
kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka
aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan
nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj
Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi'ah, Rafidhah,
Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj
Salaf." (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya
Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet.
II, 8 Dzulqa'dah 1415 H / 8 April 1995 M.).
Inilah tentang beliau secara
ringkas. Seorang 'alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang
menyanjung dan membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau
berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a'lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah
seorang 'ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin
menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka suatu kewajaran. Bahkan
suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat beliau di
atas Rasulullah shollallahu'alaihi wasalam, maka hal ini merupakan
kekeliruan. Karena Rasulullah shollallahu 'alaihi wasalam adalah rasul
yang paling mulia diantara para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan
terkalahkan disisi Allah oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin
yang menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( erantara
) dalam do'a mereka. Berkeyakinan bahwa do'a seseorang tidak akan
dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya. Ini juga merupakan
kesesatan. Menjadikan orang yang meningal sebagai perantara, maka tidak
ada syari'atnya dan ini diharamkan. Apalagi kalau ada orang yang berdo'a
kepada beliau. Ini adalah sebuah kesyirikan besar. Sebab do'a merupakan
salah satu bentuk ibadah yang tidak diberikan kepada selain Allah.
Allah melarang mahluknya berdo'a kepada selain Allah,
Dan sesungguhnya mesjid-mesjid
itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun
di dalamnya disamping ( menyembah ) Allah. ( QS. Al-Jin : 18 )
Jadi sudah menjadi keharusan
bagi setiap muslim untuk memperlakukan para 'ulama dengan sebaik
mungkin, namun tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan syari'ah.
Akhirnya
mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita sehingga
tidak tersesat dalam kehidupan yang penuh dengan fitnah ini.
Wallahu a'lam bishshawab
[Sumber : Majalah Assunnah Edisi 07/Tahun VI/1423H/2002M]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar