Dari dulu hingga sekarang orang-orang syi'ah sangat masyhur akan
kebodohannya. Miskin dalam 'ilmu Agama namun banyak berbicara bahkan
berdusta mengenainya hingga mereka pun menjadi kaum yang sesat dan
menyesatkan. Contoh dekat, jika anda seorang Facebooker, tentu anda
mendapati mereka dengan sok fasihnya berkata begini dan begitu, padahal
cuma copas dan lebih parahnya tanpa diteliti terlebih dahulu.
Sesungguhnya orang-orang seperti mereka akan semakin nampak kebodohannya
ketika komputer tidak ada di depan mereka. Itulah mereka, kaum yang
beragama bukan di atas 'ilmu melainkan hanya karena "katanya" dan
"katanya". Jangankan juhalaa (orang-orang bodoh) dari mereka, ulamanya
saja bodoh, apa lagi pengikutnya.
Diantara ketololan mereka yaitu mereka menafikan / meniadakan adanya 'Abdullah bin Saba' sebagai pencetus faham juga 'Aqidah Syi'ah mereka. Mereka beralasan bahwa riwayat-riwayat yang menyebut 'Abdullah bin Saba' hanya melalui jalur seorang yang bernama Saif Bin Umar. Inilah salah satu dari ribuan kejahilan mereka dalam ilmu riwayat.
Ketahuilah wahai hamba-hamba mut'ah, memang Saif Ibn Umar adalah lemah dalam periwayatan Hadits sebagaimana banyak dari Ulama Jarh wa Ta'dil menilainya, NAMUN itu hanya sebatas dalam periwayatan Hadits! Berbeda halnya dalam ilmu Tarikh!
Diantara ketololan mereka yaitu mereka menafikan / meniadakan adanya 'Abdullah bin Saba' sebagai pencetus faham juga 'Aqidah Syi'ah mereka. Mereka beralasan bahwa riwayat-riwayat yang menyebut 'Abdullah bin Saba' hanya melalui jalur seorang yang bernama Saif Bin Umar. Inilah salah satu dari ribuan kejahilan mereka dalam ilmu riwayat.
Ketahuilah wahai hamba-hamba mut'ah, memang Saif Ibn Umar adalah lemah dalam periwayatan Hadits sebagaimana banyak dari Ulama Jarh wa Ta'dil menilainya, NAMUN itu hanya sebatas dalam periwayatan Hadits! Berbeda halnya dalam ilmu Tarikh!
Para Ulama menilainya dapat dijadikan sandaran dalam sejarah adalah :
Ibn Hajar al-'Asqalani berkata mengenai Saif Ibn Umar dalam Taqrib At-Tahdzib 1/344 :
عمدة في التاريخ
"UMDAH (Dapat dijadikan SANDARAN) dalam Tarikh"
Imam Adz-Dzahabi berkata dalam Mizan Al-I'tidal 2/255 :
كان إخباريا عارفا
"Bahwasanya (Saif Ibn Umar) adalah ahli sejarah yang mengetahui"
Adapun Ibn Katsir dalam Bidayah wan Nihayah 7/203, ia lebih cenderung untuk menshahihkan riwayat Saif dalam kronologi terbunuhnya Utsman, walaupun ia mencatumkan lebih dari satu riwayat dalam bab itu, perlu diketahui bahwa di bab itu ada riwayat Khalifah bin Khayat (salah seorang guru Bukhari) dan riwayatnya lebih kuat dari riwayat Saif.
Sebenarnya untuk apa mereka (Syi'ah) mengurusi Saif bin Umar? Toh pada riwayat mereka mengenai 'Abdullah bin Saba' sama sekali tidak melalui Saif bin Umar. Mengapa? Ya, karena mereka malu bahwa sesungguhnya 'Abdullah bin Saba' sebagai pencetus ajaran mereka pun diakui keberadannya oleh pendahulu-pendahulu mereka sendiri yang telah dimuat dalam riwayat-riwayat mereka. Maka dari itu mereka berusaha untuk menyembunyikannya hingga mereka pun sampai-sampai bersekutu dengan para orientalis untuk mengaburkan sosok nyata dari 'Abdullah bin Saba'. Tetapi yang namanya bangkai, pada akhirnya tercium juga. Dan ketika bangkai kalian tercium wahai rafidhah, wahai kaki tangan yahudi, sungguh bau busuknya lebih busuk dari kotoran setan.
Kini mari Kita perjelas bahwa riwayat-riwayat mengenai 'Abdullah Bin Saba' tidak hanya diriwayatkan melalui jalan Saif Ibn Umar. Sebagai contoh yang diantaranya adalah dalam Lisanul Mizan oleh Imam Ibn Hajr Al-'Asqalani Rahimahullah dan Tarikh Dimasyqi oleh Imam Ibn 'Asakir Rahimahullah.
Pertama
Lisanul-Mizan, 4/483-485 no. 4253, tahqiq : "Abdul-Fattah Abu Ghuddah, Maktabah Al-Mathbu'at Al-Islamiyyah, Cet. 1/1424 * Ibn Hajr
ومن طريق بن أبي خيثمة حدثنا محمد بن
عباد حدثنا سفيان عن عمار الدهني سمعت أبا الطفيل يقول رأيت المسيب بن نجبة
أتى به دخل على المنبر فقال ما شأنه فقال يكذب على الله وعلى رسوله
Diriwayatkan dari jalur ABU KHAITSAMAH ia berkata, telah menceritakan kepada kami MUHAMMAD BIN 'ABBAD ia berkata, telah menceritakan kepada kami SUFYAN dari 'AMMAR AD-DUHNI katanya, aku mendengar ABU THUFAIL berkata "Aku melihat Al-Musayyib bin Najbah datang menyeretnya (yaitu ibn saba'), sementara 'Ali sedang berada di atas mimbar. Lalu Ia ('Ali) berkata : "Ada apa dengannya ?" Al-Musayyib berkata : "Dia berdusta atas nama ALLAH dan Rasul-NYA"
Diriwayatkan pula dalam Tarikh Dimasyqi * Ibn Asakir 29/7 dengan sanad hasan
قرأنا على أبي عبد الله يحي بن الحسن ،
عن أبي الحسين ابن الأبنوسي ، أنا أحمد بن عبيد بن الفضل ، وعن أبي نعيم
محمد بن عبد الواحد ابن عبد العزيز ، أنا علي بن محمـد بن خزفة قالا : نا
محمد بن الحسين ، نا ابن أبي خيثمة ، نا محمد بن عبـاد ، نا سفيـان ، عن
عمار الدهني قال : سمعت أبا الطفيل يقول : رأيت المسيب بن نجبة أتى به طببه
يعنى ابن السوداء وعلي على المنبر فقال علي : ما شأنـه؟ فقال : يكذب على
الله وعلى رسوله
Kedua
- Lisanul Mizan * Ibn Hajr
حدثنا عمرو بن مروزق حدثنا شعبة عن
سلمة بن كهيل عن زيد بن وهب قال قال علي رضي الله عنه ما لي ولهذا الخبيث
الأسود يعني عبد الله بن سبأ كان يقع في أبي بكر وعمر
Diriwayatkan melalui jalur 'AMR BIN MARZUQ ia berkata, telah menceritakan kepada kami SYU'BAH dari SALAMAH BIN KUHAIL dari ZAID BIN WAHB ia berkata, "Ali bin Abi Thalib (Radhiyallaahu 'Anhu) berkata, "ada apa denganku dan dengan orang jahat yang hitam ini (maksudnya ibn saba) ia telah mencela Abu Bakr dan 'Umar (Radhiyallaahu 'Anhumaa)"
Diriwayatkan pula dalam Tarikh Dimasyqi * Ibn Asakir 29/7 dengan sanad shahih
أخبرنا أبو محمد بن طاوس وأبو يعلى
حمزة بن الحسن بن المفرج ، قالا: أنا أبو القاسم بن أبي العلاء ، نا أبو
محمـد بن أبي نصر ، أنا خيثمة بن سليمان ، نا أحمد بن زهير بن حرب ، نا
عمرو بن مرزوق أنا شعبة ، عن سلمة بن كهيل عن زيد قال : قال علي بن أبي
طالب : مالي ولهذا الحميت الأسود ؟ يعني عبد الله ابن سبأ وكان يقع في أبي
بكر وعمر
Ketiga
- Lisanul Mizan * Ibn Hajr
ومن طريق محمد بن عثمان بن أبي شيبة
حدثنا محمد بن العلاء حدثنا أبو بكر بن عياش عن مجالد عن الشعبي قال:" أول
من كذب عبد الله بن سبأ
Diriwayatkan dari jalur MUHAMMAD BIN 'UTSMAN BIN ABI SYAIBAH ia berkata, telah menceritakan kepada kami MUHAMMAD BIN 'ALA ia berkata, telah menceritakan kepada kami ABU BAKR BIN 'AYYAS dari MUJALID dari SYA'BI ia berkata, "Pertama kali yang berdusta adalah Abdullah bin Saba"
Diriwayatkan pula dalam Tarikh Dimasqy * Ibn 'Asakir 29/7
أخبرنا أبو البركات الأنماطي ، أنا أبو
طاهر احمد بن الحسن وأبو الفضل أحمد بن الحسن ، قالا : أنا عبد الملك بن
محمد بن عبد الله أنا أبو علي بن الصواف ، نا محمـد بن عثمان بن أبي شيبة ،
نا محمد ابن العلاء ، نا أبو بكر بن عياش ، عن مجالد ، عن الشعبي قال :
أول من كذب عبد الله بن سبأ
Ke-empat
- Lisanul Mizan * Ibn Hajr
وقال أبو يعلى الموصلي في مسنده حدثنا
أبو كريب حدثنا محمد بن الحسن الأسدي حدثنا هارون بن صالح عن الحارث بن عبد
الرحمن عن أبي الجلاس سمعت عليا يقول لعبد الله بن سبأ والله ما أفضى إلي
بشيء كتمه أحداً من الناس ولقد سمعت يقول أن بين يدي الساعة ثلاثين كذابا
وإنك لأحدهم
Abu Ya'la Al-Mushili berkata dalam kitab Musnadnya, "Telah menceritakan kepada kami ABU KURAIB ia berkata, telah menceritakan kepada kami MUHAMMAD BIN HASAN AL-ASADI ia berkata, telah menceritakan kepada kami HARUN BIN SHALIH dari HARITS BIN ABDURRAHMAN dari ABUL JALAS katanya, "aku mendengar Ali berkata kepada Abdullah bin Saba : "Demi Allah, Beliau tidak pernah menyampaikan kepadaku sesuatupun yang beliau sembunyikan dari manusia. Benar-benar aku mendengar Beliau bersabda : Sesungguhnya sebelum terjadinya kiamat ada tiga puluh pendusta, dan engkau adalah salah satu dari mereka"
Atsar ini tsabit (kokoh) Diriwayatkan oleh 'Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah no. 1325, Abu Ya'la dalam Musnad-nya no. 449, dan Ibnu Abi 'Ashim dalam As-Sunnah no. 982. Al-Haitsamiy berkata dalam Majma'uz-Zawaid 7/333 : "Para perawinya tsiqah (terpercaya)".
Diriwayatkan pula dalam Tarikh Dimasyqy * Ibn Asakir
أخبرنا أبو المظفر بن القشيرى ، أنا أبو سعـد الجنزروذى ، أنا أبوعمـرو ابن حمدان ، وأخبرنا أبو سهل محمد بن إبراهيم بن سعدويـه ، أنا أبو يعـلى الموصلي ، نا أبو كريب محمد بن العلاء الهمداني , نا محمد أبن الحسـن الأسدى ، نا هارون بن صالح الهمداني ، عـن الحارث أبـن عبد الرحمن عـن أبي الجلاس ، قال : سمعـت عليا يقـول لعبد الله السبئي : ويلك والله ما أفضي إلي بشيء كتمه أحداً من الناس ، ولقـد سمعته يقول : أن بين يدي الساعة ثلاثين كذابا وإنك لا حدهم . قالا : وانا أبو يعلى ، نا أبو بكر بن أبي شيبة ، نا محمد أبن الحسـن ، زاد أبن المقرىء الأسدي بإسناده مثله
Kelima
وقال أبو إسحاق الفزاري عن شعبة عن
سلمة بن كهيل عن أبي الزعراء عن زيد بن وهب أن سويد بن غفلة دخل على علي في
غمارته فقال إني مررت بنفر يذكرون أبا بكر وعمر يرون أنك تضمر لهما مثل
ذلك منهم عبد الله بن سبأ وكان عبد الله أول من أظهر ذلك فقال علي ما لي
ولهذا الخبيث الأسود ثم قال معاذ الله أن أضمر لهما إلا الحسن الجميل ثم
أرسل إلى عبد الله بن سبأ فسيره إلى المدائن وقال لا يساكنني في بلدة أبدا
ثم نهض إلى المنبر حتى اجتمع الناس فذكر القصة في ثنائه عليهما بطوله وفي
آخره إلا ولا يبلغني عن أحد يفضلني عليهما إلا جلدته حد المفتري
"Berkata ABU ISHAQ AL-FAZZARI dari SYU'BAH dari SALAMAH BIN KUHAIL dari ABU ZA'RA' dari ZAID BIN WAHB : Bahwasannya Suwaid bin Ghafalah masuk menemui 'Ali Radhiyallaahu 'Anhu di masa kepemimpinannya. Lalu ia berkata : "Aku melewati sekelompok orang menyebut-nyebut Abu Bakr dan 'Umar (dengan kejelekan). Mereka berpandangan bahwa engkau juga menyembunyikan perasaan seperti itu kepada mereka berdua. Diantara mereka adalah abdullah bin saba dan dialah orang pertama yang menampakkan hal itu" Lantas 'Ali berkata : "Aku berlindung kepada ALLAH untuk menyembunyikan sesuatu terhadap mereka berdua kecuali kebaikan" Kemudian beliau mengirim utusan kepada abdullah bin saba dan mengusirnya ke Al-Madain. Ia ('Ali) juga berkata : "Jangan sampai engkau tinggal satu negeri bersamaku selamanya" Kemudian Ia bangkit menuju mimbar sehingga manusia berkumpul. Lantas ia menyebutkan kisah secara panjang lebar yang padanya terdapat pujian terhadap mereka berdua (Abu Bakr dan 'Umar), dan akhirnya ia berkata : "Ketahuilah, jangan pernah sampai kepadaku dari seorangpun yang mengutamakan aku dari mereka berdua melainkan aku akan mencambuknya sebagai hukuman untuk orang yg berbuat dusta" (Atsar ini TSABIT).
Lalu berikut ini adalah beberapa diantara Perkataan Para 'Ulama mengenai 'Abdullah bin Saba' yang tidak lain dikarenakan Mereka meyakini keberadaanya :
- Amirul Mu'minin Fil Hadits Al Imam Ibn Hajr Rahimahullah berkata dalam kitabnya Lisanul Mizan 3/360 :
عبد الله بن سبأ من غلاة الزنادقة...
وله أتباع يقال لهم السبئية معتقدون الإلهية في علي بن أبي طالب ، وقد
أحرقهم علي بالنار في خلافته
"Abdullah bin saba' termasuk zindiq yang paling ekstrim... ia memiliki pengikut yang disebut sabaiyyah, mereka (kaum sabaiyyah) memiliki keyakinan sifat ketuhanan pada diri 'Ali bin Abi Thalib. Beliau telah membakar mereka dengan api pada masa kekhilafahannya"
- Ibnu Hibban Rahimahullah berkata dalam kitabnya Al-Majruhin 2/253 :
أن الكلبي سبئياً من أصحاب عبد الله بن سبأ ، من أولئك الذين يقولون : إن علياً لم يمت ، وإنه راجع إلى الدنيا قبل قيام الساعة
"Sesungguhnya Al-Kalbi ialah seorang Sabaiyyah termasuk yang berkata (berkeyakinan) bahwa sesungguhnya 'Ali belum mati, dia akan kembali ke dunia sebelum hari kiamat"
- Syaikhul Islam Ibn Taymiyyah Rahimahullah berkata dalam kitabnya Majmu Fatawa 28/483 :
أن أصل الرفض من المنافقين الزنادقة ،
فإنه ابتدعه ابن سبأ الزنديق ، و أظهر الغلو في علي بدعوى الإمامة والنص
عليه ، وادعى العصمة له
"Sesungguhnya permulaan Rafidhah (Syi'ah) berasal dari seorang Zindiq, yaitu 'Abdullah bin Saba'. Dan ia (Ibn Saba') adalah orang yang menampakkan sikap ghuluw kepada 'Ali (Radhiyallaahu 'Anhu), mengklaim ke-imamahan, nash, dan kema'shuman kepadanya"
- Al-Imam Adz-Dzahabi Rahimahullah berkata dalam kitabnya Mizanul I'tidal 2/426 :
عبد الله بن سبأ من غلاة الشيعة ، ضال مضل
"Abdullah bin Saba' termasuk syi'ah ekstrim, ia sesat dan menyesatkan"
- Ash-Shafadi Rahimahullah berkata dalam kitabnya Al-Wafil Wafayat 17/20 :
عبد الله بن سبأ رأس الطائفة السبئية
"Abdullah bin Saba' adalah "bapak" dari golongan Sabaiyyah"
- Imam As-Suyuti Rahimahullah berkata dalam kitabnya Lubbul Lubab fi Tahriril Ansab 1/132 :
نسبة السبئية إلى عبد الله بن سبأ
"Penisbatan (penyandaran) As-Sabaiyyah ialah kepada 'Abdullah bin Saba"
- dan masih buaaaaanyaaaaaaaaaak lg..
Begitu pun di sisi Syi'ah, sosok keberadaan dari 'Abdullah bin Saba' adalah nyata, dan diyakini oleh para ulama mereka terdahulu. Ini sangat logis, karena memang orang-orang terdahulu-lah paling mengetahui sejarah. Berbeda dengan orang-orang Syi'ah sekarang yang merasa lebih mengetahui masa lalu daripada pendahulunya yang dikarenakan mereka malu untuk mengetahui hakikat pencetus mereka yang telah terbongkar habis oleh fakta.
Pertama adalah dari Rijal Al-Kasysyi yang dimana Al-Kasysyi sebagaimana diketahui adalah seorang ulama besar Syi'ah dalam ilmu rijal, kedudukannya sangat diakui dan dihormati oleh syi'ah.
- Rijal Al-Kasysyi
إن عبد الله بن سبأ كان يدعي النبوة،
ويزعم أن أمير المؤمنين هو الله - تعالى عن ذلك - فبلغ ذلك أمير المؤمنين
عليه السلام فدعاه وسأله فأقر بذلك وقال : نعم أنت هو، وقد كان قد ألقي في
ورعي أنك أنت الله وأني نبي، فقال أمير المؤمنين عليه السلام : ويلك قد سخر
منك الشيطان، فارجع عن هذا ثكلتك أمك وتب، فأبى، فحبسه، واستتابه ثلاثة
أيام، فلم يتب، فأحرقه بالنار، وقال : أن الشيطان استهواه، فكان يأتيه
ويلقي في روعه ذلك
"Sesungguhnya abdullah bin saba mendakwakan nubuwwah dan mengatakan Amirul-Mu'minin ('Ali bin Abi Thalib) adalah Allah - Maha Tinggi Allah atas tuduhan itu - . Khabar itu pun sampai kepada Amirul-Mu'minin. Beliau memanggilnya dan mengkonfirmasikannya. Ia (abdullah bin saba) berkata : "benar, engkau adalah Allah. Telah dibisikkan ke dalam hatiku bahwa engkau adalah Allah dan aku adalah nabi" . Amirul-Mu'minin as berkata : "Celaka kamu, syaithan telah menundukkanmu" Rujuklah dari perkataanmu, ibumu pasti binasa, dan bertaubatlah !" . Ia menolak (untuk bertaubat), lalu ia dipenjara dan diminta untuk bertaubat dalam waktu tiga hari. Namun ia tidak mau bertaubat juga, sehingga (dijatuhi hukuman) dibakar dengan api. Amirul-Mu'minin berkata : "syaithan telah menguasai dirinya. Ia datang kepadanya (ibn saba') dan membisikkan ke dalam hatinya hal tersebut"
Hal tersebut sebagaimana juga terdapat dalam Ikhtiyar Ma'rifatur Rijal 2/106-107 oleh dedengkot besar Syi'ah Ath-Thusi yang disebutkan juga bahwa :
عن هشام بن سالم، قال : سمعت أبا عبد
الله (عليه السلام) يقول و هو يحدث أصحابه بحديث عبد الله بن سبإ و ما ادعى
من الربوبية في أمير المؤمنين علي بن أبي طالب، فقال إنه لما ادعى ذلك فيه
استتابه أمير المؤمنين (عليه السلام) فأبى أن يتوب فأحرقه بالنار
"Dari Hisyam bin Salim, dia berkata, Aku mendengar Abu Abdullah berkata - dan dia sedang menceritakan kepada sahabatnya tentang Abdullah bin Saba dan apa yang dia dakwakan berkenaan dengan rububiyyah Amirul Mu'minin Ali bin Abi Thalib - maka dia berkata, "Sesungguhnya ketika dia (ibnu Saba) mendakwa hal tersebut (sifat rububiyyahnya Amirul Mu'minin) maka Amirul mu'minin memintanya untuk bertobat tapi dia menolak maka Amirul mu'minin membakarnya dengan api."
Pada Maktabah Syi'ah Online untuk Ikhtiyar Ma'rifatur Rijal terdapat pada juz 1 hal. 323, Klik Here.
And Here The Scan Pages From That Book.
Kembali ke Rijal Al-Kasysyi, Dari Abu 'Abdillah, bahwasannya ia berkata :
لعن الله عبد الله بن سبأ أنه ادعى
الربوبية في أمير المؤمنين عليه السلام وكان والله أمير المؤمنين عليه
السلام عبدا لله طائعا، الويل لمن كذب علينا وأن قوما يقولون فينا ما لا
نقوله في أنفسنا، نبرأ إلى الله منهم نبرأ إلى الله منهم
"Allah melaknat abdullah bin saba. Sesungguhnya ia mendakwakan Rububiyyah kepada Amirul-Mu'minin as, sedangkan Amirul-Mu'minin - demi Allah - hanyalah seorang hamba yang mentaati Allah. Neraka Wail adalah balasan bagi siapa saja yang berdusta atas nama kami. Sesungguhnya telah ada satu kaum berkata-kata tentang kami sesuatu yang kami tidak mengatakannya. Kami berlepas diri kepada Allah atas apa yang mereka katakan itu, kami berlepas diri kepada Allah atas apa yang mereka katakan itu"
ذكر بعض أهل العلم أن عبد الله بن سبإ
كان يهوديا فأسلم و والى عليا (ع) و كان يقول و هو على يهوديته في يوشع بن
نون وصي موسى بالغلو فقال في إسلامه بعد وفاة رسول الله (ص) في علي (ع) مثل
ذلك و كان أول من شهر بالقول بفرض إمامة علي و أظهر البراءة من أعدائه و
كاشف مخالفيه و أكفرهم فمن هاهنا قال من خالف الشيعة أصل التشيع و الرفض
مأخوذ من اليهودية
"Telah menyatakan sebagian ahli 'ilmu bahwa sesungguhnya 'Abdullah bin Saba' itu orang beragama yahudi kemudian masuk islam dan mendukung Ali a.s. Dia berkata ketika masih beragama yahudi bahwa Yusya' Bin Nun itu adalah pewaris Nabi Musa AS dengan cara yang berlebihan, ketika dia sudah beragama Islam, setelah wafatnya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dia mengatakan hal yang sama (bahwa Ali a.s itu adalah penerima wasiat dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam).. 'Abdullah bin Saba' adalah terkenal sebagai orang yang PERTAMA KALI MEWAJIBKAN KEYAKINAN bahwa Ali a.s sebagai imam, dan dia tidak mengakui orang yang memusuhi Ali a.s, serta memberantas para penentangnya dan mengkafirkan mereka. Dari sinilah asal perkataan orang-orang yang menyelisihi syi'ah (maksudnya Ahlus-Sunnah) : "sesungguhnya dasar tasyayyu' (syi'ah) rafidhah DIAMBIL DARI AJARAN YAHUDI...!!!"
Scan Kitab Rijal Al-Kasysyi
Bagian akhir dari 'Abdullah bin Saba'
Rijal Al-Kasysyi Online : [http://www.al-shia.org/html/ara/books/lib-rejal/rejal_kashi2/1.html]
Mirip dengan riwayat di atas juga disebutkan oleh An-Naubakhti dalam Firqotusy-Syi'ah :
السبئية قالوا بإمامة علي، وأنها فرض
من الله عز وجل وهم أصحاب عبد الله بن سبأ، وكان ممن أظهر الطعن على أبي
بكر، وعمر، وعثمان، والصحابة، وقال : (إن عليا عليه السلام أمره بذلك)
فأخذه علي فسأله عن قوله هذا، فأقر به، فأمر بقتله، فصاح الناس إليه : يا
أمير المؤمنين ! أتقتل رجلاً يدعوا إلى حبكم أهل البيت، وإلى ولايتك
والبراءة من أعدائك ؟ فصيره إلى المدائن
"kelompok Saba'iyyah mengatakan keimamahan 'Ali dan hal itu merupakan satu kewajiban dari Allah 'Azza wa jalla. Mereka adalah pengikut abdullah bin saba. Mereka adalah orang-orang yang menampakkan pencelaan terhadap Abu Bakr, 'Umar, 'Utsman, dan para Shahabat. Ia (Ibnu Saba) berkata : "Sesungguhnya 'Ali memerintahkannya''. Maka 'Ali menangkapnya dan mengkonfirmasi atas perkataannya tersebut, dan ia pun mengakuinya. Lalu 'Ali memerintahkan untuk membunuhnya. Orang-orang berteriak : "Wahai Amirul-Mu'minin, apakah engkau akan membunuh orang yang menyerukan mencintai Ahlul Bayt, kepemimpinanmu, dan berlepas diri dari musuh-musuhmu ?" Maka 'Ali mengasingkannya ke daerah Madain"
Pada halaman 22 dia pun berkata :
وحكى جماعة من أهل العلم من أصحاب علي عليه السلام
أن عبد الله بن سبأ كان يهوديًا فأسلم ووالى عليًا وكان يقول وهو على
يهوديته في يوشع بن نون بعد موسى عليه السلام بهذه المقالة، فقال في إسلامه
في علي بن أبي طالب بمثل ذلك، وهو أول من شهر القول بفرض إمامة علي عليه
السلام وأظهر البراءة من أعدائه....فمن هڽا قال من خالف الشيعة : إن أصل
الرفض مأخوذ من اليهودية
Diriwayatkan oleh sekelompok ahli ilmu (ulama) dari Shahabat 'Ali bahwasannya 'Abdullah bin Saba' adalah seorang yahudi yang masuk Islam, lalu memberikan loyalitas kepada 'Ali. Saat masih dalam agama yahudi, ia pernah berkata tentang Yusya' bin Nun sepeninggal Musa 'a.s perkataan seperti ini. Lantas setelah masuk Islam, ia berkata tentang 'Ali seperti apa yang dikatakannya kepada Yusya bin Nun. Ia adalah orang yang PERTAMA KALI mengumumkan pendapat wajibnya keimamahan 'Ali as dan menampakkan berlepas diri terhadap musuh-musuhnya... Dari sinilah asal perkataan orang-orang yang menyelisihi syi'ah (Maksudnya Ahlus-Sunnah) : "sesungguhnya dasar/asal rafidhah (syi'ah) DIAMBIL DARI AJARAN YAHUDI...!!!"
Dan An-Naubakhti ini menurut penilaian orang syi'ah adalah seorang yang tsiqah lagi diakui. Sebagaimana dipaparkan oleh mereka dalam Jami'ur-Ruwat oleh Al-Ardabili 1/228 dan Al-Kuna wal-Alqab oleh 'Abbas Al-Qummi 1/148.
Lihat juga [Abdullah bin Saba] dalam Ikhtiyar Ma'rifatur-Rijal oleh Ath-Thusi juz 1 hlmn 323-325
http://
Naqd Ar-Rijal oleh Tafresy juz 3 hlmn 108-109
http://
Al hulli pun berkata dlm خلاصة الاقوال في معرفة الرجال hlmn 237 :
غالٍ ملعون، حرقه أمير المؤمنين عليه السلام بالنار، وكان يزعم أن علياً إله، وأنه نبي
"Orang yang berlebih-lebihan lagi terlaknat (maksudnya 'Abdullah bin Saba'). Amirul-Mu'minin telah membakarnya dengan api. Ia mengatakan bahwa 'Ali adalah tuhan, dan ia adalah nabi"
http://shiaonlinelibrary.com/%D8%A7%D9%84%D9%83%D8%AA%D8%A8/2940_%D8%AE%D9%84%D8%A7%D8%B5%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D8%A3%D9%82%D9%88%D8%A7%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%B9%D9%84%D8%A7%D9%85%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D9%84%D9%8A/%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%81%D8%AD%D8%A9_369
Lihat juga, Biharul Anwar oleh Al-Majlisi juz 25 halaman 286-287
http://www.al-shia.org/html/ara/books/lib-hadis/behar25/a29.html
Wasailusy-Syi'ah oleh Al-Hurr Al-Amili juz 28 halaman 336
http://www.alhikmeh.com/arabic/mktba/hadith/wasael28/v17.html
Maka tak heran tatkala dalam Taj Al-'Arus halaman 5-6 dinyatakan :
أن أصل التشيع مرجعه إلى ابن سبأ ، لأنه أول من أحدث القول بالنص في الإمامة
"Sesungguhnya asal usul Syi'ah disandarkan kepada 'Abdullah bin Saba', karena dialah orang yang pertama kali mengatakan tentang konsep imamah"
Lalu Sa'd bin 'Abdillah Al-Qummi (Al-Qummi ini menurut penilaian orang Syi'ah termasuk orang yang tsiqah yang luas pengetahuannya tentang khabar/riwayat, lihat jami'ur-Ruwaat, 1/352) pun berkata dalam Al-Maqalatu Wal-Firaq halaman 20 saat memaparkan kelompok saba'iyyah :
السبئية
أصحاب عبد الله بن سبأ، وهو عبد الله بن وهب الراسبي الهمداني، وساعده على
ذلك عبد الله بن خرسي، وابن أسود، وهما من أجل أصحابه، وكان أول من أظهر
الطعن على أبي بكر، وعمر، وعثمان، والصحابة وتبرأ منهم
"Kelompok Saba'iyyah adalah pengikut 'Abdullah bin Saba'.. ia adalah 'Abdullah bin Wahb Ar-Rasibiy Al-Hamdani. Para pembantunya adalah 'Abdullah bin Khurasiy dan Ibnu Aswad. Mereka berdua termasuk orang terkemuka dari kalangan pengikutnya. Ia (Abdullah bin Saba') adalah orang yang PERTAMA KALI menampakkan celaan terhadap Abu Bakr, 'Umar, 'Utsman, dan Para Shahabat, serta berlepas diri dari mereka semuanya".
Ibnu Abil-Hadiid menyebutkan dalam Syarh Nahjil-Balaghah juz 5 halaman 5 bahwa 'Abdullah bin Saba' pernah berdiri ketika 'Ali bin Abi Thalib sedang berkhutbah. Lalu dia (Ibn Saba) berkata :
أنت أنت، وجعل يكررها، فقال له - علي - : ويلك من أنا، فقال : أنت الله، فأمر بأخذه وأخذ قوم كانوا معه على رأيه
"Engkau, engkau" Ia (ibn saba') mengulang-ulang perkataan itu. Maka 'Ali berkata kepadanya : "Celaka kamu, siapakah diriku ?" ibnu saba' menjawab : "Engkau adalah Allah". 'Ali pun memerintahkan untuk menangkapnya dan orang-orang yang sependapat dengannya".
http://www.amal-movement.com/maktaba/nahjabialhadid/5.htm
http://gadir.free.fr/Ar/imamali/ktb3/EbilHadid/7/book_05/kh0004.htm
Ni'matullah al-jazairiy yang dikenal sebagai seorang ulama besar Syi'ah sekaligus muhaddits mereka sebagaimana dalam Al-Kuna Wal-Alqab, 3/298 dan Safinatul-Bihar 2/601, dia berkata dalam Anwarun-Nu'maniyyah, 2/234 :
"Abdullah bin Saba' berkata kepada 'Ali as : "engkau adalah tuhan yang sebenar-benarnya". Maka 'Ali mengasingkannya ke daerah Madain. Dan dikatakan : "Sesungguhnya ia dulu seorang Yahudi lalu masuk islam. Saat masih beragama Yahudi ia pernah berkata terhadap Yusya' bin Nun dan Musa (A.S) semisal apa yang dikatakannya kepada 'Ali".
Ni'matullah al-jazairiy yang dikenal sebagai seorang ulama besar Syi'ah sekaligus muhaddits mereka sebagaimana dalam Al-Kuna Wal-Alqab, 3/298 dan Safinatul-Bihar 2/601, dia berkata dalam Anwarun-Nu'maniyyah, 2/234 :
قال عبد الله بن سبأ لعلي عليه السلام :
أنت الإله حقًَا، فنفاه علي عليه السلام إلى المدائن، وقيل : إنه كان
يهوديًا فأسلم، وكان في اليهودية يقول في يوشع بن نون وفي موسى مثل ما قال
في علي
"Abdullah bin Saba' berkata kepada 'Ali as : "engkau adalah tuhan yang sebenar-benarnya". Maka 'Ali mengasingkannya ke daerah Madain. Dan dikatakan : "Sesungguhnya ia dulu seorang Yahudi lalu masuk islam. Saat masih beragama Yahudi ia pernah berkata terhadap Yusya' bin Nun dan Musa (A.S) semisal apa yang dikatakannya kepada 'Ali".
An Nasyi Al Akbar mencantumkan tantang 'Abdullah bin Saba', dan golongan As-Sabaiyah dalam kitabnya Masail Al-Imamah Wa Muqtathofaat Minil Kitabil Ausath Fil Maqalat / ditahqiq oleh yusuf faan as, (Bairut 1971) halaman 22, 23, seperti berikut :
و فرقة زعموا أن علياً رضي الله عنه حي
لم يمت ، و أنه لا يموت حتى يسوق العرب بعصاه ، و هؤلاء هم السبئية أصحاب
عبد الله بن سبأ ، و كان عبد الله بن سبأ رجلاً من أهل صنعاء يهودياً .. و
سكن المدائن
"Dan suatu golongan yang mereka mendakwahkan bahwa Ali a.s masih hidup dan tidak pernah mati, dan ia tidak akan mati sampai ia menghalau (mengumpulkan) orang arab dengan tongkatnya, orang ini adalah As-Sabaiyah, pengikut 'Abdullah bin Saba'. Dan 'Abdullah bin Saba adalah seorang laki-laki dari penduduk San'a, seorang yahudi, telah masuk Islam lewat tangan Ali dan bermukim di Al Madain"
Abu Hatim Ar-Razi (322H) (bukan Abu Hatim Sunni karena ia meninggal th 277 H) dalam kitabnya Az Zinah Fil Kalimaatil Islamiyah Al 'Arabiyah, hal : 305. ditahqiq oleh Dr. 'Abdullah bin Salum As Samiraai (terbitan Darul Huriyah Litaba'ah, di baghdad 1392 H / 1972) menyebutkan :
أن عبد الله بن سبأ و من قال بقوله من السبئية كانوا يزعمون أن علياً هو الإله ، و أنه يحيي الموتى ، وادعوا غيبته بعد موته
"bahwasanya 'Abdullah bin Saba dan orang-orang yang mengikuti perkataannya dari kalangan As-Sabaiyah, adalah mereka mendakwakan sesungguhnya Ali adalah Tuhan dan beliau menghidupkan orang mati, dan mendakwakah menghilangnya Ali setelah meninggal dunia dan berhenti sebatas itu"
Keberadaan sosok 'Abdullah bin Saba' adalah sesuatu yang telah disepakati oleh Ahlus-Sunnah dan syi'ah mutaqaddimiin. Saya ulangi bahwa hal demikian sangatlah logis, sebab tentunya orang-orang terdahulu lah yang paling mengetahui sejarah. Dan berikut ini adalah pernyataan tokoh syi'ah kontemporer yang bernama Muhammad Husain Az-Zain dalam Asy-syi'ah Wat-Tarikh, halaman 213 :
وعلى كل حال فإن الرجل - أي: ابن سبأ -
كان في عالم الوجود، وأظهر الغلو، وإن شك بعضهم في وجوده وجعله شخصاً
خيالياً.. أما نحن - بحسب الاستقراء الأخير - فلا نشك بوجوده وغلوه
"Maka, sesungguhnya sosok laki-laki ini - yaitu 'Abdullah bin Saba - diketahui benar adanya dan menampakkan sikap berlebih-lebihan (ghulluw). Dan sesungguhnya sebagian di antara mereka (orang-orang syi'ah) ragu-ragu akan keberadaannya sehingga menjadikannya sebagai sosok khayalan.. Adapun kami, sesuai penelitian termuktakhir, tidak ragu akan keberadaannya dan sikap berlebih-lebihannya"
Dan masih banyak lagi penyebutan sosok keberadaan 'Abdullah bin Saba' dalam kitab-kitab Syi'ah :
الخصال للصدوق (381 هـ) صفحة628
www.yasoob.com/books/htm1/m012/09/no0999.html
إذا
قام أحدكم بين يدي الله جل جلاله فليرفع يده حذاء صدره وإذا كان أحدكم بين
يدي الله جل جلاله فليتحري بصدره وليقم صلبه ولا ينحني إذا فرغ أحدكم من
الصلاة فليرفع يديه إلى السماء ولينصب في الدعاء فقال عبد الله بن سبا : يا
أمير المؤمنين أليس الله في كل مكان ؟ قال : بلى قال : فلم يرفع العبد
يديه إلى السماء ؟ قال : أما تقرأ " وفي السماء رزقكم وما توعدون " فمن أين
يطلب الرزق إلا من موضعه وموضع الرزق وما وعد الله عز وجل السماء . لا
ينفتل العبد من صلاته حتى يسأل الله الجنة ويستجير به من النار ويسأله أن
يزوجه من الحور العين . إذا قام أحدكم إلى الصلاة فليصل صلاة مودع . لا
يقطع الصلاة التبسم وتقطعها القهقهة . إذا خالط النوم القلب وجب الوضوء .
إذا غلبتك عينك وأنت في الصلاة فاقطع الصلاة ونم فإنك لا تدري تدعو لك أو
على نفسك لعلك أن تدعو على نفسك
الاعتقادات في دين الإمامية للصدوق - صفحة100 باب 37 الاعتقاد في نفي الغلو والتفويض
وروي عن زرارة أنه قال قلت للصادق ع : (
إن رجلا من ولد عبد الله بن سبأ يقول بالتفويض . قال ع : (وما التفويض) ؟
قلت : يقول : إن الله عز وجل خلق محمدا صلى الله عليه وآله وسلم وعليا ع ثم
فوض الأمر إليهما فخلقا ورزقا وأحييا وأماتا . فقال : ( كذب عدو الله إذا
رجعت إليه فاقرأ عليه الآية التي في سورة الرعد (أم جعلوا لله شركاء خلقوا
كخلقه فتشابه الخلق عليهم قل الله خالق كل شئ وهو الواحد القاهر). فانصرفت
إلى رجل فأخبرته بما قال الصادق ع فكأنما ألقمته حجرا أو قال: فكأنما خرس
الاعتقادات في دين الإمامية - الشيخ الصدوق - الصفحة ١٠٠
http://www.shiaonlinelibrary.com/%D8%A7%D9%84%D9%83%D8%AA%D8%A8/1135_%D8%A7%D9%84%D8%A7%D8%B9%D8%AA%D9%82%D8%A7%D8%AF%D8%A7%D8%AA-%D9%81%D9%8A-%D8%AF%D9%8A%D9%86-%D8%A7%D9%84%D8%A5%D9%85%D8%A7%D9%85%D9%8A%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D8%B4%D9%8A%D8%AE-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D8%AF%D9%88%D9%82/%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%81%D8%AD%D8%A9_0?pageno=100#top
من لا يحضره الفقيه للصدوق - الجزء1 صفحة325
www.al-shia.org/html/ara/books/lib-hadis/faqih-1/13.htm#link55
955 - وقال أمير المؤمنين ع : " إذا
فرغ أحدكم من الصلاة فليرفع يديه إلى السماء ولينصب في الدعاء فقال ابن سبا
: يا أمير المؤمنين أليس الله عز وجل بكل مكان ؟ قال : بلى قال : فلم يرفع
يديه إلى السماء ؟ فقال : أو ما تقرا " وفي السماء رزقكم وما توعدون " فمن
أين يطلب الرزق إلا من موضعه وموضع الرزق وما وعد الله عز وجل السماء
Tidakkah mereka (syi'ah) berfikir ?
الأصفهاني ( ت 283هـ ) ذكره الدكتور أحمد الزغيبي في كتابه العنصرية اليهودية ( 2/528) .
و جاء عند الشيخ المفيد ( ت 413هـ ) في
كتاب شرح عقائد الصدور ( ص 257) ذكر الغلاة من المتظاهرين بالإسلام – يقصد
السبئية – الذين نسبوا أمير المؤمنين علي والأئمة من ذريته إلى الألوهية
والنبوة ، فحكم فيهم أمير المؤمنين بالقتل والتحريق بالنار
و قال أبو جعفر الطوسي ( ت 460هـ ) في كتبه تهذيب الأحكام ( 2/322) أن ابن سبأ رجع إلى الكفر وأظهر الغلو
( ابن شهر آشوب ( ت 588هـ ) في مناقب آل أبي طالب (1/227-228 )
و أشار الحسن بن علي الحلّي ( ت 726هـ ) في كتابه الرجال (2/71) إلى ابن سبأ ضمن أصناف الضعفاء
و يرى الأردبيلي ( ت 1100هـ ) في كتاب جامع الرواة (1/485) أن ابن سبأ غال ملعون يزعم ألوهية علي و نبوته .
طاهر العاملي ( ت 1138هـ ) في مقدمة مرآة الأنوار و مشكاة الأسرار في تفسير القرآن (ص 62 )
و عند المامقاني ( ت 1323هـ ) في كتابه
تنقيح المقال في أحوال الرجال (2/183) جاء ذكر ابن سبأ ضمن نقولات عدة
ساقها المؤلف من مصادر شيعية متقدمة عليه
أما محمد حسين المظفري ( ت 1369هـ ) و
هو من الشيعة المعاصرين الذين لا ينكرون وجود ان سبأ وإن كان ينفي أن يكون
للشيعة به أي اتصال . تاريخ الشيعة ( ص 10 )
أما الخوانساري فقد جاء ذكر ابن سبأ عنده على لسان جعفر الصادق الذي لعن ابن سبأ لاتهامه بالكذب والتزوير . روضات الجنات (3/141)
Dan masih sangat banyak, apa yang telah Saya paparkan hanya sebagian kecil saja dari kitab-kitab syi'ah tentang keberadaan 'Abdullah bin Saba' sebagai sosok yang nyata. Sekarang mari kita ambil kesimpulan dari paparan-paparan di atas, yang diantaranya adalah, bahwa :
- 'Abdullah bin saba adalah nyata, bukan tokoh fiktif, orang-orang terdahulu yang tentunya paling mengetahui sejarah di Sunni maupun di syi'ah mengakuinya. Adapun tokoh-tokoh Syi'ah sekarang yang mengingkari sosok 'Abdullah bin Saba', maka anak kecil pun juga dapat menilai bahwa tokoh-tokoh tersebut adalah BODOH LAGI PENGECUT karena sejarah dan para pakarnya sudah sangat jelas mengakuinya.
- 'Abdullah bin saba adalah orang pertama kali mencetuskan konsep imamah dan berlepas diri dari Abu Bakr, Umar, dan para Shahabat Radhiyallaahu 'Anhum. Karenanya asal-usul aqidah Syi'ah murni berasal dari Abdullah bin saba.
- 'Abdullah bin Saba' adalah orang yang berdusta atas nama Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam dan Ahlul Bayt Radhiyallaahu 'Anhum.
Abu 'Abdillah berkata:
إنا أهل بيت صادقون ، لا نخلوا من كذاب
يكذب علينا ، فيسقط صدقنا بكذبه عند الناس ، كان رسول الله أصدق الله لهجة
و كان مسيلمة يكذب عليه ، و كان أمير المؤمنين (ع) أصدق من برأ الله من
بعد رسول الله ، و كان الذي يكذب عليه من الكذب عبدالله بن سبأ
لعنه الله ، و كان أبو عبدالله الحسين بن علي (ع) قد ابتلي بالمختار ، ثم
ذكر أبو عبدالله الحارث الشامي و البنان فقال: كانا يكذبان على علي بن
الحسين (ع) ، ثم ذكر المغيرة بن سعيد و بزيعا و السري و أبا الخطاب و
معمراُ و بشار الأشعري و حمزة اليزيدي و صائب النهدي - أي أصحابه - فقال :
لعنهم الله ، إنا لا نخلوا من كذاب يكذب علينا ، كفانا الله مؤنة كل كذاب و
أذاقهم الله حر الحديد
"Kami Ahlul Bayt adalah orang-orang jujur (benar), tetapi selalu ada pendusta yang berdusta atas nama kami. Maka runtuhlah kejujuran kami di mata manusia. Adalah Rasulullah Saw manusia yang paling jujur ucapannya, dan adalah Musailamah al-Kazzab telah berani berbuat dusta atasnya. Adalah Amirul Mu'minin ('Ali) orang yang paling jujur -yang dibersihkan namanya oleh Allah- sepeninggal Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, dan adalah Abdullah ibn Saba' -semoga dilaknat oleh Allah- TELAH BERANI BERDUSTA ATASNYA. Dan adalah Abu Abdillah al-Husain ibn Ali telah diuji dengan al-Mukhtar (ats-Tsaqafi)," Kemudian Abu Abdilah menyebut nama al-Harits asy-Syami dan Banan: "Keduanya telah berdusta atas Ali ibn al-Husain," kemudian menyebut al-Mughirah ibn Sa'id, Buzaigh, as-Surri, Abu al-Khath-thab, Mu'ammar, Basy-syar al-'Asy'ari, Hamzah al-Yazidi dan Shaid al-Nahdi, beliau berkata: "Semoga Allah melaknat mereka, sesungguhnya para pendusta selalu berdusta atas kami. Cukuplah Allah yang menghukum setiap pendusta dan Allah pasti merasakan kepada mereka panasnya besi (neraka)"
Riwayat ini terdapat dalam kitab Ikhtiyar Ma'rifatur-Rijal oleh Ath-Thusi juz 2 hlmn 593
http://www.shiaonlinelibrary.com/%D8%A7%D9%84%D9%83%D8%AA%D8%A8/2933_%D8%A7%D8%AE%D8%AA%D9%8A%D8%A7%D8%B1-%D9%85%D8%B9%D8%B1%D9%81%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D8%B1%D8%AC%D8%A7%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%B4%D9%8A%D8%AE-%D8%A7%D9%84%D8%B7%D9%88%D8%B3%D9%8A-%D8%AC-%D9%A2/%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%81%D8%AD%D8%A9_177#top
Biharul Anwar oleh Al-Majlisi juz 25 hlmn 263
http://www.al-shia.org/html/ara/books/lib-hadis/behar25/a27.html
Mu'jam Rijal Al Hadits juz 15 hlmn 263
http://shiaonlinelibrary.com/%D8%A7%D9%84%D9%83%D8%AA%D8%A8/3006_%D9%85%D8%B9%D8%AC%D9%85-%D8%B1%D8%AC%D8%A7%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D8%AF%D9%8A%D8%AB-%D8%A7%D9%84%D8%B3%D9%8A%D8%AF-%D8%A7%D9%84%D8%AE%D9%88%D8%A6%D9%8A-%D8%AC-%D9%A1%D9%A5/%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%81%D8%AD%D8%A9_260
- dan yang lainnya
Sanadnya pun Shahih sesuai Kaidah Ilmu Hadits Versi Syi'ah
رجال السند :
1- محمد بن خالد الطياليسي
قال السيد الشبيري الزنجاني
(يبقى الكلام عن وثاقة محمد بن خالد الطيالسي ويشهد لذلك أمور:
الأول: رواية محمد بن علي بن محبوب – وهو من أعيان الطائفة – عن الطيالسي كتبه وهو دليل على اعتماده عليه.
الثاني: وقوع الطيالسي في طريق أجلاء الثقات إلى كتب جماعة:
منهم: سيف بن عميرة.
منهم: محمد بن معروف.
وقد روى كتابهما محمد بن جعفر الرزاز – وهو من أجلاء مشايخ الإمامية الثقات – عن محمد بن خالد الطيالسي عنهما، وهو دليل على اعتماد الرزّاز على الطيالسي.
منهم: رزيق بن الزبير.
روى عبدالله بن جعفر الحميري عن محمّد بن خالد الطيالسي عنه.
وأيضًا قد روى حميد بن زياد – الذي وثقه الشيخ والنجاشي مع كونه واقفيًّا – أصولاً كثيرة عن محمد بن خالد الطيالسي.
الثالث: رواية جماعة من أجلاء الثقات عنه، فقد روى عن الطيالسي – مضافًا إلى من تقدم ذكره – سعد بن عبدالله وسلمة بن الخطاب – الذي هو ثقة على الأظهر – وابنه عبدالله بن محمد بن خالد الطيالسي وعلي بن إبراهيم وعلي بن سليمان الزراري ومحمد بن الحسن الصفار ومحمد بن الحسين – المتحد مع محمد بن الحسين بن أبي الخطّاب - ومعاوية بن حكيم.
فهذه الأمور من أقوى الأمارات على وثاقة محمد بن خالد الطيالسي ولم يرد فيه جرح حتى من ابن الغضائري الذي نقل عنه جرحه لكثير من الثقات خطأ، فلا ينبغي التأمل في وثاقة محمد بن خالد الطيالسي.)
2- عبد الرحمن بن أبي نجران
واسمه عمرو بن مسلم التميمي ، مولى ، كوفي ، أبو الفضل ، روى عن الرضا عليه السلام ، وروى أبوه أبو نجران عن الصادق عليه السلام ، وكان عبدالرحمن ثقة ثقة ، معتمداً على ما يرويه
نقد الرجال - الجزء الثالث - ص 41
3- ابن سنان
هو عبدالله بن سنان الثقة.
قال الخوئي : ثمّ إنّ ابن سنان وإن كان له روايات عن الصادق عليه السلام، إلاّ أنّ المراد به عبد اللّه بن سنان الذي يروي عنه ابن مسكان، وابن أبي نجران، وغيرهما، ولم يوجد رواية لمحمد بن سنان عن أبي عبد اللّه عليه السلام غير مارواه الشيخ باسناده، عن الحسن بن محبوب، عن محمد بن سنان، وبكير، عن أبي عبد اللّه عليه السلام. التهذيب: الجزء 10، باب القضايا في الديّات والقصاص، الحديث 651.
وهذه الرواية فيها تحريف لا محالة، قد نشأ من سهو القلم، أو من غلط النسّاخ، فإنّ الشيخ رواها باسناده، عن الحسن بن محبوب، عن عبد اللّه بن سنان، وابن بكير، عن أبي عبد اللّه عليه السلام، الباب المزبور من التهذيب، الحديث 659.
وكذلك رواها محمد بن يعقوب. الكافي: الجزء 7، باب أنّ من قتل مؤمناً على دينه فليست له توبة (3)، الحديث 2.
معجم رجال الحديث - جزء 19 - ترجمة محمد بن سنان بن طريف
Maka Kesimpulan Kedua yang kita ambil adalah Ahlul Bayt Radhiyallaahu 'Anhum berlepas diri dari konsep / pemahaman Imamah dan pencelaan terhadap Shahabat-Shahabat Radhiyallaahu 'Anhum. Hal tersebut tidak pernah diyakini oleh Ahlul Bayt, karena konsep busuk tersebut berasal dari 'Abdullah bin Saba'.
Maka sudah seharusnya bagi orang-orang syi'ah untuk menyadari bahwa Manhaj yang mereka jalani sesungguhnya bukanlah dari Ahlul Bayt, melainkan dari gembong yahudi munafik 'Abdullah bin Saba' az-zindiq. Ahlul Bayt berlepas diri dari syi'ah, sebagaimana syi'ah berlepas diri dari Ahlul Bayt. Perbedaan antara keduanya sangat jauh bagaikan ujung timur dan ujung barat, bahkan lebih jauh lagi.
Apa yang patut dibanggakan dari aqidah yang terlahir dari musuh Islam dengan berkedok cinta Ahlul Bayt ? Wahai kaum syi'ah, kalian telah ditipu oleh Ibnu Saba, Kulaini, Majlisi, dsb sebagaimana orang-orang nashrani ditipu oleh matius dengan berkedok cinta kepada Nabi 'Isa 'alaihis-Salam.
Saya tekankan kembali, bahwa semua yang telah saya paparkan di atas adalah baru sedikit dari kebusukan-kebusukan jejak hitam 'Abdullah bin Saba, dan note ini hanya memuat sebagian kecil dari penyebutan-penyebutan 'Abdullah bin Saba' dalam kitab-kitab Syi'ah dan juga pengakuan ulama-ulama mereka sebagai sosok yang nyata. Bagaimana pun kaum Syi'ah menolak keberadaan 'Abdullah bin Saba', namun fakta tidak bisa mereka ingkari. Kitab-kitab dan pengakuan-pengakuan ulama mereka menjadi saksi atas kebusukan mereka. Dan orang-orang berakal pun dapat mengetahui, sekalipun Syi'ah masih menolak 'Abdullah bin Saba', namun pemikiran 'Abdullah bin Saba' sangat melekat kuat dalam ajaran mereka. Tidak perlu heran mengapa kaum Syi'ah begitu berkepala batu menafikan 'Abdullah bin Saba', ketahuilah bahwa ibarat "Pelacur Pun Tidak Ada Yang Suka Bila Dikatakan Pelacur!!! Padahal mereka mengetahui bahwa diri mereka memang Pelacur!!!"
Sesungguhnya agama syi'ah adalah ibarat lautan comberan yang tidak akan cukup satu halaman ini untuk memaparkan ribuan najis yang ada padanya.
Dan Kita Kaum Muslimin amatlah pantangan untuk bersatu dan hidup bersama dengan comberan hamba-hamba mut'ah. Sebagaimana Islam menolak untuk bersatu dengan yahudi!
Wallaahul Muwaffiq.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar