TIGA KEDUSTAAN IDAHRAM (ATAS BUKU TARIKH NAJD)
Idahram berkata
((disebutkan :
"Tatkala Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab mengetahui wafatnya 'Utsman bin Mu'ammar maka beliaupun bersegera berjalan menuju 'Uyainah karena khawatir timbulnya perselisihan dan pertikaian masyarakat. Maka beliapun datang kepada mereka pada hari ke 3 setelah terbunuhnya Utsman. Maka tenanglah masyarakat, dan terjadilah dialog dan musyawarah dalam menentukan siapa pengganti Utsman bin Mu'ammar sebagai pemimpin dan penguasa. Maka para ahli tauhid –khususnya yang ikut serta membunuh 'utsman- ingin agar tidak seorangpun dari keluarga Mu'ammar yang menjadi pemimpin. Akan tetapi Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab tidak setuju, lalu menjelaskan kepada mereka cara yang benar dengan dalil yang memuaskan. Maka Syaikhpun mengangkat Musyaari bin Mu'ammar sebagai penguasa. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab" (Taariikh Najd hal 103)
Justru dalam nukilan yang benar di atas ini menjelaskan bahwasanya karena sikap bijak dan hikmah dari Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab akhirnya saudara Utsman bin Mu'ammar yang bernama Musyaari bin Mu'ammar tetap diangkat menjadi penguasa, padahal keputusan Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab ini pada awalnya tidak disetujui, karena Musyari masih kerabat dengan 'Utsman bin Mu'ammar.
Idahram berkata
((disebutkan :
إن
عثمان بن معمر مشرك كافر، فلما تحقق أهل الإسلام من ذلك تعاهدوا على قتله
بعد انتهائه من صلاة الجمعة وقتلناه وهو في مصلاه بالمسجد في رجب 1163هـ
وفي البوم الثالث لمقتله جاء محمد بن عبد الوهاب إلى العيينة فعيّن عليهم
مشاري بن معمر وهو من أتباع محمد بن عبد الوهاب
"Sesungguhnya Utsman
ibnu Mu'ammar –penguasa Uyainah- adalah seorang musyrik yang kafir. Maka
ketika orang-orang Islam menyadari itu, mereka bersepakat untuk
membunuhnya setelah selesai melaksanakan sholat jum'at. Kami telah
berhasil membunuhnya di dalam masjid bulan Rajab tahun 1163 H. Pada hari
ketiga dari peristiwa pembunuhan itu, Muhammad ibnu Abdil Wahhab
mengungjungi Uyainah untuk mengangkat Musyari ibnu Mu'ammar yang
merupakan pengikut Muhammad ibnu Abdil Wahab" (Ibnu Ghannam ; Taariikh Najd, op.cit., h.97)
Setelah membaca
kalimat-kalimat di atas, nalar penulis terasa buntu memahaminya.
Bagaimana mungkin orang kafir melaksanakan sholat jum'at, bahkan tewas
dibunuh dalam masjid?!. Apakah –barangkali- dalam kacamata salafi wahabi
seseorang dapat dikatakan kafir meskipun dia sholat, puasa, zakat,
bahkan haji sekalipun jika tidak mengikuti faham mereka?.
Bahkan pada halaman
selanjutnya, yaitu halaman 98 dari buku tersebut, Ibnu Abdul Wahab
jelas-jelas mengatakan bahwa seluruh penduduk Najd pada masa itu adalah
orang-orang kafir. Dia berkata :
كفرة تباح دماؤهم، ونساؤهم وممتكاتهم، والمسلم هو من آمن بالسنة التي يسير عليها محمد بن عبد الوهاب ومحمد بن سعود
"Mereka
semua (penduduk Najd-pen) adalah kafir, darah mereka halal. Begitu juga
dengan wanita-wanita mereka, segala harta milik mereka halal (adalah
halal untuk dijarah). Karena, orang Islam adalah orang yang percaya
dengan sunnah Muhammad ibnu Abdil Wahhab dan Muhammad ibnu Saud")), demikian perkataan Idahram dalam bukunya hal 89-91.
Dalam nukilan di atas, idahram telah melakukan kedustaan yang berturut-turut. Satu nukilan mengandung 3 kedustaan.
Bantahan terhadap pernyataan Idahram di atas dari beberapa sisi:
Bantahan terhadap pernyataan Idahram di atas dari beberapa sisi:
Kedustaan Pertama :
Idaharam menukil perkataan Ibnu Ghonnam إِنَّ عُثْمَانَ بْنَ مُعَمَّر
مُشْرِكٌ كَافِرٌ Sesungguhnya Utsman bin Mu'ammar musyrik dan kafir"
Ini sungguh merupakan perkara yang sangat memalukan dari Idahram, kedustaan yang bertubi-tubi, semua itu ia lakukan hanya karena ingin menipu dan menggambarkan kepada kaum muslimin bahwa Muhammad bin Abdil Wahhab adalah suka mengkafirkan kaum muslimin jika tidak mengikuti alirannya.
Setelah mengecek langsung kitab Taariikh Najd ternyata saya tidak menemukan nukilan yang disampaikan oleh Idahram di atas. Ternyata idahram nekat berdusta.
Dalam kitab Taarikh Najd sama sekali pernyataan bahwa 'Utsman bin Mu'ammar seorang musyrik dan kafir !!!, lafal yang yang disampaikan oleh idahram semuanya karangan idahram sendiri.
Telah lalu penjelasan bahwa Utsman bin Mu'ammar dibunuh karena berkhianat hendak bekerja sama dengan pemimpin Tsarmad untuk mencelakakan kaum muslimin para ahli tauhid. Karenanya para pengikut Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab segera membunuh 'Utsman sebelum ia yang membunuh kaum muslimin. Dan peristiwa ini adalah perkara yang wajar, yaitu seseorang membunuh musuh sebelum musuh menyerang dan melakukan aksinya.
Telah lalu penjelasan tentang sikap Muhammad bin Abdil Wahhaab dalam masalah "takfiir" (mengkafirkan), dimana beliau sangat berhati-hati dan tidak sembarang mengkafirkan. Tidaklah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab mengkafirkan kecuali setelah memenuhi persyaratan dan hilangnya penghalang pengkafiran.
Adapun keheranan idahram kok bisa orang yang sholat dibunuh, maka kita katakan :
Ini sungguh merupakan perkara yang sangat memalukan dari Idahram, kedustaan yang bertubi-tubi, semua itu ia lakukan hanya karena ingin menipu dan menggambarkan kepada kaum muslimin bahwa Muhammad bin Abdil Wahhab adalah suka mengkafirkan kaum muslimin jika tidak mengikuti alirannya.
Setelah mengecek langsung kitab Taariikh Najd ternyata saya tidak menemukan nukilan yang disampaikan oleh Idahram di atas. Ternyata idahram nekat berdusta.
Dalam kitab Taarikh Najd sama sekali pernyataan bahwa 'Utsman bin Mu'ammar seorang musyrik dan kafir !!!, lafal yang yang disampaikan oleh idahram semuanya karangan idahram sendiri.
Telah lalu penjelasan bahwa Utsman bin Mu'ammar dibunuh karena berkhianat hendak bekerja sama dengan pemimpin Tsarmad untuk mencelakakan kaum muslimin para ahli tauhid. Karenanya para pengikut Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab segera membunuh 'Utsman sebelum ia yang membunuh kaum muslimin. Dan peristiwa ini adalah perkara yang wajar, yaitu seseorang membunuh musuh sebelum musuh menyerang dan melakukan aksinya.
Telah lalu penjelasan tentang sikap Muhammad bin Abdil Wahhaab dalam masalah "takfiir" (mengkafirkan), dimana beliau sangat berhati-hati dan tidak sembarang mengkafirkan. Tidaklah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab mengkafirkan kecuali setelah memenuhi persyaratan dan hilangnya penghalang pengkafiran.
Adapun keheranan idahram kok bisa orang yang sholat dibunuh, maka kita katakan :
- Orang yang dibunuh adalah orang yang murtad atau orang yang melakukan pelanggaran yang menyebabkan darahnya halal untuk dibunuh, meskipun ia sholat dan haji. Seperti orang yang berzina padahal sudah menikah, atau orang memberontak berhak untuk diperangi dan dibunuh (sebagaimana khawarij yang memberontak kepada Ali bin Abi Tholib), orang hendak membunuh lantas yang hendak dibunuh membela diri sehingga membunuhnya, dll.
- Saya justru yang heran, bukankah idahram nekat memvonis kaum salafy wahabi kafir murtad??!!, tanpa dalil dan hanya dengan hawa nafsu !!!. Bukankah ini berarti idahram menghalalkan darah kaum salafy wahabi, bahwasanya kaum salafy wahabi berhak untuk dibunuh. Bukankah idahram tahu bagaimana semangat ibadah kaum wahabi, sholat mereka, puasa mereka, hafalan al-Qur'an mereka?, ilmu mereka??
- Jelas dalam cerita yang termaktub kitab Taariikh Najd bahwasanya Utsman bin Mu'ammar dibunuh karena melakukan makar hendak mencelakakan kaum muslimin ahli tauhid pengikut dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab??.
- Dan dalam kitab Tariikh Najd tidak disebutkan secara tegas status 'Utsman bin Mu'ammar, apakah ia seorang musyrik atau kafir. Bahkan yang disebutkan dalam kitab tersebut justru Utsman bin Mu'ammar berkali-kali memiliki niat busuk terhadap pengikut dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab, dan pura-pura menampakkan kesepakatannya kepada dakwah Syaikh Muhammad. Ini menunjukkan bahwa 'Utsman bin Mu'ammar tidak dinyatakan kafir atau musyrik oleh Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab.
- Kalaupun 'Utsman bin Mu'ammar dinyatakan kafir tentunya ada sebab-sebab yang menyebabkan pengkafiran tersebut, yang tidak dijelaskan dalam buku Taarikh Najd secara detail
Kedustaan Kedua : Kedustaan Idahram dalam nukilannya ((Pada
hari ketiga dari peristiwa pembunuhan itu, Muhammad ibnu Abdil Wahhab
mengungjungi Uyainah untuk mengangkat Musyari ibnu Mu'ammar yang
merupakan pengikut Muhammad ibnu Abdil Wahab)).
Sungguh ini perkara yang sangat
memalukan, memalsukan isi buku, mengarang sendiri, kemudian mencela
orang lain dengan dalil karangan kedustaannya sendiri. Yang termaktub
dalam Taariikh Najd sama sekali tanpa penyebutan apakah Musyari bin
Mu'ammar pengikut Muhammad bin Abdil Wahhab atau bukan.
"Tatkala Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab mengetahui wafatnya 'Utsman bin Mu'ammar maka beliaupun bersegera berjalan menuju 'Uyainah karena khawatir timbulnya perselisihan dan pertikaian masyarakat. Maka beliapun datang kepada mereka pada hari ke 3 setelah terbunuhnya Utsman. Maka tenanglah masyarakat, dan terjadilah dialog dan musyawarah dalam menentukan siapa pengganti Utsman bin Mu'ammar sebagai pemimpin dan penguasa. Maka para ahli tauhid –khususnya yang ikut serta membunuh 'utsman- ingin agar tidak seorangpun dari keluarga Mu'ammar yang menjadi pemimpin. Akan tetapi Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab tidak setuju, lalu menjelaskan kepada mereka cara yang benar dengan dalil yang memuaskan. Maka Syaikhpun mengangkat Musyaari bin Mu'ammar sebagai penguasa. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab" (Taariikh Najd hal 103)
Justru dalam nukilan yang benar di atas ini menjelaskan bahwasanya karena sikap bijak dan hikmah dari Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab akhirnya saudara Utsman bin Mu'ammar yang bernama Musyaari bin Mu'ammar tetap diangkat menjadi penguasa, padahal keputusan Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab ini pada awalnya tidak disetujui, karena Musyari masih kerabat dengan 'Utsman bin Mu'ammar.
Kedustaan Ketiga : Dusta ketiga idahram adalah pada perkataannya ((Bahkan
pada halaman selanjutnya, yaitu halaman 98 dari buku tersebut, Ibnu
Abdul Wahab jelas-jelas mengatakan bahwa seluruh penduduk Najd pada masa
itu adalah orang-orang kafir. Dia berkata :
كفرة تباح دماؤهم، ونساؤهم وممتلكاتهم، والمسلم هو من آمن بالسنة التي يسير عليها محمد بن عبد الوهاب ومحمد بن سعود
"Mereka semua (penduduk Najd-pen) adalah kafir, darah mereka halal. Begitu juga dengan wanita-wanita mereka, segala harta milik mereka halal (adalah halal untuk dijarah). Karena, orang Islam adalah orang yang percaya dengan sunnah Muhammad ibnu Abdil Wahhab dan Muhammad ibnu Saud"))
Setelah saya mengecek halaman selanjutnya dari kisah terbunuhnya Utsman bin Mu'ammar maka saya sama sekali tidak menemukan lafal yang dinukil oleh idahram ini. Sungguh sangat memalukan dan menunjukkan buruknya perangai idahram yang tukang berdusta. Tidak malu untuk berdusta tiga kali berturut-turut dalam satu tempat !!!!
Bagaimana mungkin Muhammad bin Abdil Wahhab sampai mengatakan bahwasanya seorang muslim adalah seorang yang mengimani sunnah yang ditempuh oleh Muhammad bin Abdil Wahhab dan Muhammad bin Sa'uud !!!!
Kami yang lebih dari 10 tahun menimba ilmu dari para ulama –"salafy wahabi"- sama sekali tidak pernah mendengarkan hal seperti ini. !!!
كفرة تباح دماؤهم، ونساؤهم وممتلكاتهم، والمسلم هو من آمن بالسنة التي يسير عليها محمد بن عبد الوهاب ومحمد بن سعود
"Mereka semua (penduduk Najd-pen) adalah kafir, darah mereka halal. Begitu juga dengan wanita-wanita mereka, segala harta milik mereka halal (adalah halal untuk dijarah). Karena, orang Islam adalah orang yang percaya dengan sunnah Muhammad ibnu Abdil Wahhab dan Muhammad ibnu Saud"))
Setelah saya mengecek halaman selanjutnya dari kisah terbunuhnya Utsman bin Mu'ammar maka saya sama sekali tidak menemukan lafal yang dinukil oleh idahram ini. Sungguh sangat memalukan dan menunjukkan buruknya perangai idahram yang tukang berdusta. Tidak malu untuk berdusta tiga kali berturut-turut dalam satu tempat !!!!
Bagaimana mungkin Muhammad bin Abdil Wahhab sampai mengatakan bahwasanya seorang muslim adalah seorang yang mengimani sunnah yang ditempuh oleh Muhammad bin Abdil Wahhab dan Muhammad bin Sa'uud !!!!
Kami yang lebih dari 10 tahun menimba ilmu dari para ulama –"salafy wahabi"- sama sekali tidak pernah mendengarkan hal seperti ini. !!!
PENYERANGAN KOTA RIYADH
Idahram menyatakan dalam kitabnya hal 93 bahwasanya pada tahun 1187 tatkala Abdul Aziz menyerang kota Riyadh ia ((membunuh banyak penduduk muslim dari kaum lelaki, perempuan, dan anak-anak))
Setelah itu untuk memantapkan kedustaannya ia menyandarkan semua informasi ini kepada kitab Unwan al-Majd
Ini jelas merupakan kedustaan besar. Dan seperti biasa Idahram selalu berdusta untuk menggambarkan kebengisan kaum wahabi. Setelah membaca langsung kitab Unwan al-Majd pada jilid 1 hal 119-121 tentang sejarah peristiwa tahun 1187, maka ternyata Ibnu Bisyr berkata :
"Dan terjadi antara mereka peperangan. Beberapa orang lelaki terbunuh dari penduduk Riyadh, dan dari pasukan perang Abdul Aziz terbunuh 12 orang lelaki, diantaranya adalah 'Aqil bin Nashir…" (Unwan al-Majd 1/119, pada peristiwa tahun 1187)
Ternyata justru yang lebih banyak terbunuh adalah dari pasukan perang Abdul Aziz. Sama sekali tidak ada pembunuhan para wanita, apalagi anak-anak. Ini hanyalah dongengan idahram si pendusta.
Setelah itu untuk memantapkan kedustaannya ia menyandarkan semua informasi ini kepada kitab Unwan al-Majd
Ini jelas merupakan kedustaan besar. Dan seperti biasa Idahram selalu berdusta untuk menggambarkan kebengisan kaum wahabi. Setelah membaca langsung kitab Unwan al-Majd pada jilid 1 hal 119-121 tentang sejarah peristiwa tahun 1187, maka ternyata Ibnu Bisyr berkata :
"Dan terjadi antara mereka peperangan. Beberapa orang lelaki terbunuh dari penduduk Riyadh, dan dari pasukan perang Abdul Aziz terbunuh 12 orang lelaki, diantaranya adalah 'Aqil bin Nashir…" (Unwan al-Majd 1/119, pada peristiwa tahun 1187)
Ternyata justru yang lebih banyak terbunuh adalah dari pasukan perang Abdul Aziz. Sama sekali tidak ada pembunuhan para wanita, apalagi anak-anak. Ini hanyalah dongengan idahram si pendusta.
PELARANGAN JAMA'AH HAJI
Idahram mengatakan dalam bukunya dibawah sub judul "(Wahabi) Melarang dan Menghalangi Umat Islam dari Menunaikan Ibadah Haji:
((Sejarawan Wahabi Ibnu Bisyr, dengan bangganya menceritakan tentang kejadian di tahun 1221 itu :
"Ketiga keluarga Sa'ud keluar dari Dir'iyah untuk memantau kondisi kota Makah, dia mengutus Farraj ibnu Syar'an al-'Utaibi dan beberapa orang bersamanya untuk melarang rombongan haji asal Syam, Istambul, dan sekitarnya memasuki kota Makah. Padahal rombongan haji tersebut telah sampai di kota Madinah menuju Makah. Rombongan yang dipimpin oleh Gubernur Abdullah al-Uzham Pasya dan para petinggi negeri itu terpaksa menelan pil pahit untuk kembali ke negerinya masing-masing guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan" (Ibnu Bisyr; Unwan al-Majd fi Tarikh an-Najd, op.cit, jilid 1.h. 139)
Lalu dengan begitu senangnya dia (*ibnu Bisyr) berkata :
وَلَمْ يحجّ في هذه السنة أحد من أهل الشام ومِصر والعراق والْمَغرب وغيرهم إلا شرذمة قليلةٌ من أهل الْمَغرب لا اسمَ لَهُمْ
"Tidak seorang pun dari penduduk Syam, Mesir, Irak, Maghrib (Maroko), dan negeri yang lain dapat berhaji pada tahun ini, kecuali hanya segelintir orang penduduk Maghrib yang tidak dikenali" (Unwan al-Majd jilid 1, hal 143)…)).
Demikian perkataan idahram dalam bukunya hal 101
Idahram mengatakan dalam bukunya dibawah sub judul "(Wahabi) Melarang dan Menghalangi Umat Islam dari Menunaikan Ibadah Haji:
((Sejarawan Wahabi Ibnu Bisyr, dengan bangganya menceritakan tentang kejadian di tahun 1221 itu :
"Ketiga keluarga Sa'ud keluar dari Dir'iyah untuk memantau kondisi kota Makah, dia mengutus Farraj ibnu Syar'an al-'Utaibi dan beberapa orang bersamanya untuk melarang rombongan haji asal Syam, Istambul, dan sekitarnya memasuki kota Makah. Padahal rombongan haji tersebut telah sampai di kota Madinah menuju Makah. Rombongan yang dipimpin oleh Gubernur Abdullah al-Uzham Pasya dan para petinggi negeri itu terpaksa menelan pil pahit untuk kembali ke negerinya masing-masing guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan" (Ibnu Bisyr; Unwan al-Majd fi Tarikh an-Najd, op.cit, jilid 1.h. 139)
Lalu dengan begitu senangnya dia (*ibnu Bisyr) berkata :
وَلَمْ يحجّ في هذه السنة أحد من أهل الشام ومِصر والعراق والْمَغرب وغيرهم إلا شرذمة قليلةٌ من أهل الْمَغرب لا اسمَ لَهُمْ
"Tidak seorang pun dari penduduk Syam, Mesir, Irak, Maghrib (Maroko), dan negeri yang lain dapat berhaji pada tahun ini, kecuali hanya segelintir orang penduduk Maghrib yang tidak dikenali" (Unwan al-Majd jilid 1, hal 143)…)).
Demikian perkataan idahram dalam bukunya hal 101
Namun setelah saya mengecek langsung
kitab Unwan al-Majd, maka seperti biasa ternyata idahram sedang
melaksanakan aksinya "berdusta dan bertipu muslihat". Kedustaan idahram
nampak pada poin-poin berikut :
Pertama ; Idahram berkata ((Ketiga keluarga Sa'ud keluar dari Dir'iyah untuk memantau kondisi kota Makah)), padahal dalam kitab Unwan al-Majd disebutkan bahwasanya Amir Su'ud bin Abdul Aziz bersama kaum muslimin pergi ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji yang ke dua kalinya (Lihat Unwan al-Majd 1/291). Jadi bukan hanya keluarga Sa'ud saja dan juga bukan tujuannya untuk memantau kota Mekah. Idahram sengaja menyembunyikan fakta bahwasanya Sa'ud adalah seorang yang taat beragama dan juga berhaji.
Kedua : idahram tatkala menukil perkataan ibnu Bisyr ((Ketiga keluarga Sa'ud keluar dari Dir'iyah untuk memantau kondisi kota Makah, dia mengutus Farraj ibnu Syar'an al-'Utaibi . . . . . Rombongan yang dipimpin oleh Gubernur Abdullah al-Uzham Pasya dan para petinggi negeri itu terpaksa menelan pil pahit untuk kembali ke negerinya masing-masing guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan)), ternyata idahram tidak sedang menerjemahkan perkataan ibnu bisyr akan tetapi idahram sedang menukil secara makna atau kesimpulan yang disampaikan oleh Ibnu Bisyr. Ini merupakan kedustaan kepada para pembaca, karena tatkala idahram mengesankan perkataan tersebut merupakan perkataan ibnu Bisyr, apalagi di awali dan di akhir dengan dua tanda kutip "….".
Berikut ini penukilan yang sebenarnya :Pertama ; Idahram berkata ((Ketiga keluarga Sa'ud keluar dari Dir'iyah untuk memantau kondisi kota Makah)), padahal dalam kitab Unwan al-Majd disebutkan bahwasanya Amir Su'ud bin Abdul Aziz bersama kaum muslimin pergi ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji yang ke dua kalinya (Lihat Unwan al-Majd 1/291). Jadi bukan hanya keluarga Sa'ud saja dan juga bukan tujuannya untuk memantau kota Mekah. Idahram sengaja menyembunyikan fakta bahwasanya Sa'ud adalah seorang yang taat beragama dan juga berhaji.
Kedua : idahram tatkala menukil perkataan ibnu Bisyr ((Ketiga keluarga Sa'ud keluar dari Dir'iyah untuk memantau kondisi kota Makah, dia mengutus Farraj ibnu Syar'an al-'Utaibi . . . . . Rombongan yang dipimpin oleh Gubernur Abdullah al-Uzham Pasya dan para petinggi negeri itu terpaksa menelan pil pahit untuk kembali ke negerinya masing-masing guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan)), ternyata idahram tidak sedang menerjemahkan perkataan ibnu bisyr akan tetapi idahram sedang menukil secara makna atau kesimpulan yang disampaikan oleh Ibnu Bisyr. Ini merupakan kedustaan kepada para pembaca, karena tatkala idahram mengesankan perkataan tersebut merupakan perkataan ibnu Bisyr, apalagi di awali dan di akhir dengan dua tanda kutip "….".
"Hal ini (pelarangan rombongan haji
Syam) dikarenakan Sa'ud khawatir gubernur Makah Syarif Gholib akan
melakukan sesuatu yang buruk pada Sa'ud dikarenakan masuknya rombongan
haji dari Syam dan para pengikut mereka. Maka Abdullah al-Azhm dan para
pengikutnya pun kembali dari kota Madinah ke negeri mereka" (Unwan
al-Majd 1/292)
Dalam penukilan ini Ibnu Bisyr menjelaskan sebab pelarangan masuknya
rombongan haji dari Syam yang dipimpin oleh Abdullah al-Azhm Pasya
adalah kekhawatiran sikap pengkhianatan Syarif Gholib yang bisa saja
bekerja sama dengan pasukan perang Syam untuk menyerang Sa'ud yang
sedang melaksanakan ibadah hajji. Jadi pelarangan tersebut bukan karena
tanpa sebab, atau karena jama'ah haji selain wahabi kafir dan musyrik.
Ketiga : Adapun perkataan idahram ((Lalu dengan begitu senangnya dia (*ibnu Bisyr) berkata :
وَلَمْ يحجّ في هذه السنة أحد من أهل الشام ومِصر والعراق والْمَغرب وغيرهم إلا شرذمة قليلةٌ من أهل الْمَغرب لا اسمَ لَهُمْ
"Tidak seorang pun dari penduduk Syam, Mesir, Irak, Maghrib (Maroko), dan negeri yang lain dapat berhaji pada tahun ini, kecuali hanya segelintir orang penduduk Maghrib yang tidak dikenali" (Unwan al-Majd jilid 1, hal 143)…))
وَلَمْ يحجّ في هذه السنة أحد من أهل الشام ومِصر والعراق والْمَغرب وغيرهم إلا شرذمة قليلةٌ من أهل الْمَغرب لا اسمَ لَهُمْ
"Tidak seorang pun dari penduduk Syam, Mesir, Irak, Maghrib (Maroko), dan negeri yang lain dapat berhaji pada tahun ini, kecuali hanya segelintir orang penduduk Maghrib yang tidak dikenali" (Unwan al-Majd jilid 1, hal 143)…))
Maka ini merupakan kedustaan yang nyata
dan dongeng yang dibuat oleh idharam. Sama sekali nulikan ini tidak ada
dan tidak ada kaitannya dengan peristiwa tahun 1221 H. Dan sangat nampak
kedustaan dari dongeng kreasi idahram ini karena disebutkan dalam
dongeng tersebut bahwasanya pada tahun 1221 Hijriyah tidak ada
seorangpun yang berhaji dari penduduk Syam, penduduk Mesir, penduduk
Maghrib dan penduduk negeri-negeri lainnya. Seakan-akan yang berhaji
cuma Sa'ud dan para pengikutnya saja. Ini bertentangan dengan cerita
yang sesungguhnya, karena yang dilarang masuk adalah rombongan haji dari
negeri Syam yang dipimpin oleh Abdullah al-'Azhm. Adapun jama'ah haji
dari negeri-negeri yang lainnya tidak dilarang oleh Sa'ud.
Sungguh memalukan idahram ini, suka
berdongeng tapi dongengannya ngawur, idahram hendak berdusta tapi
Alhamdulillah ia tidak pandai berdusta !!!
Demikianlah para pembaca yang budiman
sekian banyak kedustaan idahram yang sempat saya cek dan teliti, dan
tentunya masih banyak kedustaan-kedustaan yang ia lancarkan. Akan tetapi
apa yang saya sebutkan di atas sudah cukup untuk menjelaskan hakekat
idahram sang pendongeng anti wahabi !!!
Al-Jabarti rahimahullah menjelaskan
bahwasanya kaum wahabi pada dasarnya sama sekali tidak melarang jama'ah
dari manapun untuk melaksanakan ibadah haji. Akan tetapi kaum wahabi
melarang rombongan haji dari Syam dikarenakan mereka membawa sebuah
bid'ah dalam rangkaian ibadah haji. Bid'ah tersebut dikenal dengan
bid'ah al-mahmal.
Bid'ah Mahmal adalah bid'ah yang biasa
dilakukan oleh orang-orang Turki dari dinasti Utsmaniyah, dimana mereka
terbiasa setiap tahun –melalui pembesar-pembesar mereka- mengirim sebuah
onta yang memikul kiswah ka'bah. Jadi mahmal adalah onta yang diletakan
di atasnya keranda dan dihiasi dengan beraneka ragam hiasan, dan mereka
memposisikan onta tersebut di bagian depan rombongan haji. Dan onta ini
diring-iringi dengan seruling, gendrang dan alat-alat musik yang tidak
pantas dengan kesucian kota Mekah. Mereka menjadikan acara ini adalah
sunnah tahunan, bahkan sampai-sampai sebagian orang awam menganggap
bahwa seremonial mahmal ini merupakan salah satu dari rangkaian ibadah
haji. Mereka terlalu berlebih-lebihan dalam mengagungkan onta ini,
hingga sebagian masyarakat mengusap-ngusap onta tersebut dan menciumnya
untuk mencari keberkahan. (lihat http://www.islamww.com/books/GoToPage50-108-30930-146.html)
Berikut penjelasan Al-Jabarti rahimahullah :
Berikut penjelasan Al-Jabarti rahimahullah :
"Dan pada hari kamis tanggal 13 (Jumadil
akhir tahun 1221 H) sampailah rombongan dari swais, yang disertai
dengan al-mahmal, mereka memasukan al-mahmal dan mereka bawa dari kota
Madinah. Di belakangnya ada iringan gendang dan seruling. Di depannya
para pembesar tentara dan para putra Baasya, dan Musthofa Jawisy adalah
pemandu safar tersebut. Musthofa Jawisy telah mengabarkan kepadaku
bahwasanya tatkala ia pergi ke Mekah dan ada si Wahabi (*mungkin
maksudnya adalah Amir Su'ud bin Abdil Aziz-pen) dan ia bertemu dengan si
wahabi. Maka si wahabi berkata kepadanya, "Adat apakah ini yang kalian
bawa dan kalian agungkan?". Si wahabi mengisyaratkan kepada perkara
mahmal/onta yang dihias. Maka Musthofa Jawisy berkata kepadanya, "Sudah
merupakan adat kebiasaan sejak dulu bahwa mereka menjadikan mahmal
tersebut sebagai tanda untuk berkumpulnya para jama'ah haji". Si wahabi
berkata, "Janganlah kalian melakukannya lagi setelah ini, jika kalian
tetap melakukannya maka akan aku hancurkan mahmal ini" ('Ajaaib al-Atsaar 4/28)
Al-Jabarti rahimahullah juga berkata :
Al-Jabarti rahimahullah juga berkata :
"Diantara kejadian tahun ini (*bulan
dzulhijjah tahun 1223 H-pen) adalah berhentinya haji Syam dan Mesir
dengan beralasan bahwa si wahabi telah melarang orang-orang untuk
melakukan haji. Akan tetapi kenyataannya bukanlah demikian, karena si
wahabi tidak melarang seorangpun untuk datang berhaji dengan cara yang
disyari'atkan. Ia hanyalah melarang orang yang berhaji dengan cara yang
menyelisihi syari'at berupa bid'ah-bid'ah yang tdak diperbolehkan oleh
syari'at, seperti bid'ah al-mahmal. Gendang, dan seruling, serta memikul
senjata. Dan telah sampai (ke Mekah) para jama'ah haji dari maghrib dan
mereka melaksanakan haji lalu kembali pada tahun ini dan juga tahun
sebelumnya, dan tidak ada seorangpun yang mengganggu mereka sama sekali"
('Ajaaibul Atsaar 4/141)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar